04 April, 2013

13 hal penting sebelum posting di blog-mu

Ada 13 hal yang harus anda pertimbangkan dan pertanyakan sebelum anda menerbitkan tulisan anda setelah anda menulis sebuah artikel. Jika anda adalah seorang blogger yang ingin tulisannya baik dan bisa mendatangkan banyak pengunjung, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal penting untuk melengkapi teknik cara menulis artikel menjadi unik dan menarik minat bagi para pembaca blog anda. 13 Hal penting apa saja yang perlu anda perhatikan?

13 Pertanyaan Penting Sebelum Menerbitkan Artikel Tulisan di Blog

1. Apakah point penting atau poin utama dalam post yang saya tulis? Sudahkah saya membuat tulisan yang cukup jelas dari tema atau poin penting yang saya maksudkan?
2. Apa yang ingin pembaca kemudian lakukan setelah membaca artikel anda? Sudahkah saya bisa meyakinkan, bahwa pembaca atau pengunjung tulisan saya dapat dituntun untuk melakukan sesuatu dari tulisan yang saya tulis?
3. Sudahkah saya pastikan tulisan saya adalah tulisan yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain? Orang lain dapat mendapatkan pengertian dan manfaat dari tulisan yang anda tulis dengan mudah.
4. Apakah tulisan saya cukup unik, berbeda dengan tulisan orang lain yang pernah ditulis sebelumnya.
<p>Your browser does not support iframes.</p>
5. Apakah tulisan yang ditulis sudah sesuai dengan tujuan blog dan tema dalam blog saya?
6. Sudahkah saya menggunakan judul artikel yang dapat menarik minat atau mencuri perhatian pembaca untuk membaca isi artikel.
7. Sudahkah tulisan dan bahasa yang saya gunakan baik dan benar? Bukan tidak mungkin jika ada kesalahan ketik, atau kesalahan bahasa saat kita menulis.
8. Dapatkah tulisan saya adalah tulisan yang tidak bertele-tele? Saya akan coba perhatikan sekali lagi gaya penulisan saya agar lebih ringkas dan lebih berkualitas.
9. Sudahkah saya memberikan sumber yang jelas, jika saya mengutip satu atau beberapa tulisan dari orang lain atau dari site/blog lain?
10. Sudahkah saya menghubungkan atau membuat artikel terkait dengan artikel-artikel saya terdahulu, dengan menyisipkan link anchor text ke dalam tulisan saya?
11. Sudahkan saya memberikan ruang kesempatan kepada para pembaca untuk dapat menambahkan sesuatu ke dalam artikel yang saya tulis. Misalnya dengan mengajak pembaca untuk ikut berpartisipasi dalam tulisan artikel saya, agar mereka dapat menambahkan saran atau pendapat?
12. Keyword atau kata kunci apa saja yang paling banyak dicari orang lain di mesin pencari dalam topic yang anda bahas. Sudahkah saya mengoptimalkan penggunaan keyword-keyword tersebut ke dalam artikel yang saya buat.
13. Bagaimana saya bisa mengembangkan posting ini menjadi lebih banyak pembaca yang memerlukannya. dan berkaitan dengan artikel topik artikel yang saya bahas ini. Serta bagaimana saya dapat bersaing artikel lain dengan topik bahasan yang serupa atau senada, yang sudah pernah terbit sebelumnya.

Itulah 13 hal yang baiknya dipertanyakan sebelum saya mempublish atau menerbitkan artikel yang saya buat di blog. Cara membuat artikel yang baik dan bisa menarik minat pembaca terkadang memang susah-susah gampang. Meski terkadang, untuk menerapkannya sedikit agak sulit jika anda belum terbiasa. Namun kebiasaan untuk memperhatikan 13 hal tersebut, bisa membantu anda mendatangkan visitor lebih banyak ke blog anda, selain dengan melakukan promosi blog, melakukan blogwalking, dan yang lain nantinya.

Tidak ada komentar: