08 Maret, 2015

Membuat dan bermain Ular Tangga bersama anak

inke's picture-HS
Membuat dan bermain Ular Tangga bersama anak
Minggu pertama dibulan Maret 2015, kami membuat permainan ular tangga "anak sholeh, sehat dan pintar". Awalnya, Aa cenna minta saya untuk membelikannya permainan ular tangga di pedagang mainan depan sekolahan. Keinginannya itu, saya jadikan peluang untuk mengajaknya berkarya dan sedikit menanamkan kebaikan melalui ha-hal yang diterapkan dalam permainan.

Dalam semua proses pembuatan dan permainan, selalu libatkan anak, agar ia mendapatkan pengetahuan sekaligus pengalaman yang menyenangkan. Dengan melibatkan anak, mereka akan lebih menghargai karyanya, lebih PD bahwa ia bisa menciptakan sesuatu, lebih antusias dan lebih dekat dengan kita.

How to make it // Bagaimana cara membuat papan permainan ular tangga?

Bahan dan alat:
1. kardus bekas susu kotak
2. kertas origami 4 lembar/kertas lainnya
3. kertas kado/kertas lainnya
4. lem
5. solasi
6. solasi
7. kotak bekas dgn ukuran kecil untuk dadu
8. kertas hvs
9. gunting
10. botol bekas susu kecil/ barang bekas kecil untuk dijadikan orang-orangan

Cara :
1. Papan permainan: gunting dus bekas sesuai contoh, atau sesuai keinginan. Bungkus/tutupi keseluruhan sisi dengan kertas kado dan kertas polos. Buat garis kotak-kotak pada bagian yang polos, lalu bubuhkan angka pada setiap kotak yang sudah dibuat. Isi bagian kotak-kotak tersebut dengan kalimat dan gambar sesuai tema. Misalkan, jika bunda ingin membuat ular tangga  bertemakan kesehatan, maka gambar dan tulisan yang dibubuhkan adalah seputar kesehatan, seperti; olah raga, makanan sehat, sayuran, buah-buahan, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Tak lupa, cantumkan pula sesuatu yang dilarang/tidak baik dalam tema tersebut untuk mengisi bagian ular yang menurun. misalkan: "membuang sampah sembarangan" mengakibatkan pemain harus turun dalam kotak yang ada gambar ularnya. cantumkan pula kebaikan/prestasi dalam kotak yang ada gambar tangga, sehingga pemain boleh naik tangga ke kotak atas jika ia melakukan hal baik tersebut, misalnya: membaca hadis tentang kebersihan, dll.
2. Dadu: bentuklah kardus kecil tersebut hingga berbentuk dadu/ kubus. Lalu bungkus dengan kertas polos, jangan lupa untuk menutup setiap lipatan dengan solasi agar tidak mudah terbuka. Setelah itu, bubuhkan angka disetiap sudut dadu. bunda bisa memilih angka model apa yang akan dibubuhkan, semua tergantung tujuan bunda mengajarkan/ memperkenalkan angka model apa pada anak. ( angka romawi [I, II, III, IV, V, V], angka arab, angka biasa [1,2,3,4,5,6], atau berupa lingkaran-lingkaran yang biasa dalam dadu [pict])
3. Orang-orangan: Botol bekas susu kemasan kecil dibersihkan, lalu dihias sesuai keinginan dengan menggunakan kertas origami berwarna. atau bisa huga menggunakan mainan/barang bekas yang ada dirumah.

Selamat Bermain, semoga ayah bunda selalu memiliki waktu dan kegiatan yang menyenangkan dengan anak-anak tercinta.

Tidak ada komentar: