20 Desember, 2014

Buah Nangka yang selamat - Kondisi terkini wilayah Bandung Timur, seminggu pasca Puting Beliung

Pada hari kamis, 18 Desember 2014 yang lalu, kawasan Bandung timur dikejutkan dg hadirnya angin puting beliung. Beritanya disini
Ini sebagian foto keadaan jalan pamekar raya menuju pasar gedebage. Kala itu tepat 4 hari setelah kejadian puting beliung, saya melewati jalan dekat rumah menuju pasar gedebage. Suasana lengang karena masih pagi, namun geliat perekonomian tampak sudah stabil. Beberapa orang sedang membereskan rumahnya yang sebagian tak beratap, beberapa orang lainnya ada yang mengumpulkan reruntuhan juga sampah dalam satu tempat agar mudah diangkut, pasarpun sudah sangat ramai. Posko bantuan telah berdiri, namun terlihat sepi. Melihat tenda besar seperti itu, mengingatkan saya saat menjadi relawan pada kejadian gempa bumi di Bantul Yogyakarta, yang kisahnya pernah saya tulis disini.
Salah satu yang menarik perhatian saya adalah pohon nangka berbuah nangka tanpa dedaunan. Betapa putaran angin telah melenyapkan segala yang rimbun dan kuat, namun tak dapat melepaskan sesuatu tanpa izin pemiliknya (baca:Allah SWT), meskipun hanya tiga buah nangka kecil-yang mungkin tidak lebih berat dari tembok rumah, ribuan genting dan plang besi.
"Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. dan Allah Maha mengetahui segala Sesuatu" (QS. At-Tagabun:11)

Tidak ada komentar: